30 Juni 2013

Tips Mengatasi error_log pada Hosting dengan Cron Job

Beberapa waktu yang lalu saya sedikit terkejut ketika membuka cPanel hosting tempat saya menyimpan beberapa file web milik saya, karena pada kolom informasi disk space yang ada di cPanel terlihat bahwa penggunaan dari space hosting saya menjadi membengkak tanpa ada sebab yang jelas.

Setelah melalui proses peyisiran yang mendalam pada semua file yang ada di dalam public_html akhirnya saya menemukan sumber permasalahan yaitu yang terletak pada file error_log yang menyimpan begitu banyak pesan error dari eksekusi-eksekusi yang gagal diproses.

Untuk mengatasi hal seperti di atas, kali ini saya akan berbagi sedikit tips bagi kamu para pengguna hosting berbayar untuk memanfaatkan fitur "cron job" yang ada pada cPanel hosting milikmu, kenapa hosting berbayar? Yup tentu saja, karena umumnya fitur "cron job" hanya ada pada jenis hosting berbayar saja.



Langsung saja kita ke topik pembicaraan, untuk mengetahui apa itu Cron Job secara spesifik silahkan teman-teman membaca referensinya terlebih dahulu di Wikipedia agar lebih jelas dan lebih mudah dalam mengimplementasikan tips dari saya ini.

Sederhananya dengan menggunakan fitur cron job ini kita dapat memerintahkan mesin dan mengeksekusi perintah atau command tersebut pada hosting milik kita, dan itulah yang akan kita lakukan sekarang, yaitu memerintahkan mesin untuk menghapus fle error_log secara berkala atau terjadwal (scheduling) agar permasalahan seperti yang saya alami di atas dapat selesai tanpa harus anda susah-susah menghapusnya secara manual.

Sekarang saya asumsikan teman-teman sudah faham apa itu cron job, dan silahkan langsung saja login ke cPanel teman-teman sekalian, dan masuk ke menu cron job. Pada field "command" silahkan di ketik seperti perintah di bawah ini.
  
rm -rf /home/ganteng/public_html/aku/error_log

Perlu di perhatikan, perintah di atas adalah contoh. Misalnya perintah di atas saya mempunyai hosting dengan domain ganteng.com dan file error_log yang ingin saya hapus secara berkala ada di subdomain aku.ganteng.com maka dari itu perintah nya adalah seperti yang ada di atas.


Sebagai contoh apabila file error_log yang ingin teman-teman hapus ada di folder utama atau root, silahkan dihapus saja path direktorinya contohnya pada path "/aku" milik saya tersebut. Saya asumsikan disini teman-teman sudah faham mengenai path dari hosting masing-masing.

Apabila sudah kalian isi field "command" tersebut silahkan kamu pilih "common settings" untuk memilih waktu, kapankah perintah tersebut di eksekusi atau di jalankan, saya disini lebih memilih untuk di eksekusi selama 1 kali dalam 1 minggu dan saya memilih "Once a week", klik "Add new cron job" dan Selesai.

Bagi teman-teman yang pernah mencicipi sistem operasi Linux, pastinya tidak asing dengan command diatas, karena untuk menggunakan cron jobs yaitu menggunakan perintah yang ada pada command line di Linux. Untuk teman-teman yang masih bingung silahkan tinggalkan komentar kalian dibawah ini, dan saya mohon maaf apabila ada kekeliruan dalam penulisan tutorial singkat ini. Semoga bermanfaat.

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: