25 Februari 2014

Cara Mengatasi BlueStacks Error "Blank Screen"

Dalam ulasan kali ini saya akan kembali mengulas seputar BlueStacks. Bagi teman-teman yang masih bingung dan belum mengetahui apa itu BlueStacks saya persilahkan untuk Googling terlebih dahulu.

Secara spesifik kali ini saya akan langsung membahas tentang bagaimana Cara Mengatasi Error "Blank Screen" pada BlueStacks sehingga BlueStacks tidak bisa berjalan karena "stuck" pada layar kosong berwarna hitam atau "blank screen".

Ada dua sumber penyebab "blank screen" pada BlueStacks, yang pertama biasanya di karenakan memori pada BlueStacks tersebut corrupt atau mengalami kerusakan sehingga harus di ganti dan yang kedua biasanya permasalahan ada pada program aplikasi BlueStacks tersebut yang mana solusinya adalah harus kamu uninstall dan kemudian mengisntall lagi yang baru.



Dalam hal ini saya akan memberikan tips dan trik pada point pertama di atas, yang mana juga berkaitan dengan tips Cara Mengganti atau Mengupgrade Memori pada BlueStacks. Untuk lebih singkatnya silahkan kamu ikuti langkah berikut.

1. Silahkan kamu tutup program BlueStacks terlebih dahulu. Dalam hal ini semua program termasuk yang berjalan di background yang dapat kamu akses melalui CTRL + ALT + DEL dan hentikan semua proses dengan klik kanan (end proccess tree) yang berawalan HD (lihat gambar).



2. Setelah program BlueStacks sudah di tutup semua, silahkan kamu unduh file memori untuk BlueStacks di bawah ini.

→ SD Card (custom) 4GB internal dan 8GB eksternal → unduh disini | mirror mediafire
→ SD Card (custom) 8GB internal dan 32GB eksternal → unduh disini | mirror mediafire
→ Backup semua SD Card Custom → http://sh.st/uAEJ9

Jika muncul iklan saat klik link download silahkan tunggu saja 5 detik, kemudian klik Skip atau Lewati di bagian kanan atas.

Saya pribadi masih menggunakan BlueStacks GingerBread dan memilih Custom SD Card 4GB dan 8GB untuk saya gunakan dan berjalan dengan sempurna.

3. Setelah Custom SD Card kamu unduh di atas, silahkan kamu langsung saja menuju ke path atau direktori seperti yang saya contohkan di bawah ini
C:\ProgramData\BlueStacks\Android
Setelah kamu berada di dalam folder Android kamu akan menemukan dua buah folder dengan nama Data.sparsefs dan SDCard.sparsefs. Silahkan kamu "Cut" kedua folder tersebut dan pindahkan pada lokasi lain (terserah) lalu kemudian kamu ganti dengan isi dari SD Card Custom yang sudah kamu unduh di atas tadi (lihat gambar).




Pada Sistem Operasi Windows 7 biasanya folder ProgramData di hidden oleh sistem, oleh karena itu untuk dapat mengaksesnya kamu harus merubah parameter pada Folder Setting melalui opsi Show Hidden Files and Folders. Saya asumsikan disini teman-teman sudah mengetahui cara menampilkan folder yang di hidden pada Sistem Operasi Windows.

Setelah semua langkah mengganti SD Card Custom di BlueStacks di atas kamu ikuti dengan benar. Sekarang kamu bisa mencoba dengan membuka atau menjalankan kembali program BlueStacks milikmu dengan catatan jangan terhubung dulu ke internet, namun setelah BlueStacks sudah berjalan atau ter-load dengan sempurna barulah kamu dapat mengaktifkan koneksi internet milikmu.

Bisa kamu lihat pada BlueStacks milikmu yang sebelumnya blank screen kemudian sudah bisa berjalan dengan sempurna, artinya kerusakan memang terdapat pada SD Card BlueStacks tersebut yang memang harus kamu ganti.

Semoga ulasan singkat saya kali ini dapat berguna dan bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu membagikan artikel yang berguna ke jejaring sosial melalui tombol share yang ada di bawah ini.

73 comments

Nice Share Bro .. Di Ane Work *-*

Okay Bro. :) Semoga bermanfaat yaa. :D

ane kok sama aja gan,blackscreen juga ini

Artinya BS ente memang programnya sudah rusak/damaged gan. kudu di uninstall sampe bersih, trus coba di install lagi gan.

Jangan lupa gunakan NirSoft RegScanner gan, biar uninstall nya bersih sampai ke registry nya. baru ente coba install lagi BS nya.

Good luck :D

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

gan punya saya pas jalanin fb sama game coc blank screen nya. pdhl suaranya kluar gan

1. Agan menggunakan BS versi apa? GB atau udah ICS
2. Coba cek update, kalau ada update coba di update gan. Kalau msh juga coba uninstall trs coba install lagi.
3. Install Flash.

Silahkan di coba gan, kira2 itulah solusi dari ane saat ini yg bisa ente coba.
Semoga bermanfaat. :)

bro itu instal flash mksdnya ? trus instalnya di BS apa di PC? thanks

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Bro, FlashPlayernya berbayar loh :(.. oya laptop ane VGAnya mobile intel(R) graphic family chipset bro.. bisa ga yah bro?? minta solusi lg dunk :D thanks bro :)

Pake flash player yg gratis bro. Coba unduh flash nya disini http://www.androiddrawer.com/7633/download-adobe-flash-player-11-11-1-115-34-app-apk/


VGA mobile intel(R) graphic family chipset, maksudnya ini apa bro? utk install BS? kalau utk install BS bisa2 aja bro asal di update aja driver nya dan minimal RAM 2GB broh. :D

udah ane download and insltal FPnya bro, tapi masil "BlankScreen" bro,, cuma ada suara aja. ane coba pake SD Card (custom) 8GB internal dan 32GB eksternal . gmn bro ? thanks :D

Wah kalau masih blank juga, terpaksa ente coba uninstall BS nya baru install lagi gan. :D

Jangan lupa setelah di uninstall kudu bersih sampe registry nya pake http://www.nirsoft.net/utils/regscanner.zip :D

udah ane coba uninstal bro,, cba ane minta link download BSnya bro,, tktnya BS yg ane bermasalah.. oya pas instal BS hrs connect internet apa engga yah? thanks :D

Untuk BS yang GB dan sdh di root unduh disini kak
http://www.thesigit.net/2014/01/download-bluestacks-rooted-offline.html

Utk BS yang GB dan ICS unduh disini kak
http://www.thesigit.net/2013/11/download-gratis-bluestacks-offline_28.html

Semuanya itu offline installer kak jd tinggal install. saat instalasi sebaiknya internet di disconnect dulu aja kak. :D

Good luck kak :D

gan ada ngak BS yang udah di root tpi bisa download COC juga
gua pake BS yang linknya ada di chat BS nya si jadi tapi pas mau dowload COC ngak bisa gan
perankat anda kompatibel dengan versi ini

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Untuk ngejalanin game di BS memang ga semua bisa di jalanin kak.
krn utk game butuh spek tertentu, paling mendasar yaitu kebutuhan dari sisi Grafis misalnya VGA. :)

Krn ane jg ga pernah main games jadinya kurang faham, setau ane memang ga semua bisa. Mungkin bisa tp kudu di oprek sana sini :)

Udah coba pake BS yang ICS nggak kak? Kali aja bisa. :D


Kalau utk ngeroot BS udah banyak tools yang dishare kak, mungkin kakak bisa coba googling. :)

Secara spesifik memang blm pernah saya bahas, tp saya sdh pernah mencoba rooting BS dengan menggunakan tools yang namanya "Bluestacks RootEZ". :D

gan gua kalaun mau buka BS katanya harus di your graphics drivers seem to be out of date. we recommend you update your for optimal performance. update now

itu artinya Driver VGA nya minta di update ke yang terbaru kak. :)

Baca artikel ane yg disini http://www.thesigit.net/2013/11/download-gratis-bluestacks-offline_28.html

disitu ada link utk update driver VGA kakak. Tinggal di sesuaikan aja VGA nya pake ATI atau NVidia. :D

gan, ane udah turutin langkah" diatas. cuma satu hal yg ane lom ngerti, gmana cara mengganti file yg udah dipindahin ama file yg baru diunduh? ditunggu jawabannya. makasih gan :)

Maksudnya mengganti file yang baru diunduh gimana ya gan? ane kurang faham nih sama maksudnya ente. :D

"Setelah kamu berada di dalam folder Android kamu akan menemukan dua buah folder dengan nama Data.sparsefs dan SDCard.sparsefs. Silahkan kamu "Cut" kedua folder tersebut dan pindahkan pada lokasi lain (terserah) lalu kemudian kamu ganti dengan isi dari SD Card Custom yang sudah kamu unduh di atas tadi" naah pembahasan yang ini yang ane kurang paham gan.

→ SD Card (custom) 8GB internal dan 32GB eksternal → unduh disini | mirror -
file itu udah ane unduh, ukurannya cuma 2 kb. trus ane coba deh masukin ke folder android yang di BS. trus pas dijalankan malah ada tulisan " Bluestacks installation is corrupt"

masih blankscaren nih bang . , ?
cara yang laen ga ada ya ?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Kalau emang gak bisa berarti emang kudu di unistall tuh gan, baru deh install lagi. :D

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Sudah masuk ke folder "Android" belum? kalau sudah nanti agan temukan folder dgn nama Data.sparsefs dan SDCard.sparsefs.

nah dua folder Data.sparsefs dan SDCard.sparsefs itu silahkan agan "CUT" dan paste dimanapun (contoh di drive D atau di hapus jg gpp).

Setelah itu agan download yg disini "→ SD Card (custom) 8GB internal dan 32GB eksternal" tadi, sudah? silahkan 'EKSTRAK" dan hasil ekstrak nya tadi pindahkan ke dalam folder "Android" tadi utk menggantikan "folder Data.sparsefs dan SDCard.sparsefs" yang sudah di CUT tadi.

Gimana gan, sudah jelas? :)

Kalau sudah masuk ke folder "Android" dan ga ada "folder Data.sparsefs dan SDCard.sparsefs". itu kemungkinan foldernya masih ke hidden. Coba ente ganti folder properties nya dan silahkan di unhide semua folder di windows yg settingannya ke hidden. :)

Gan ko kalo punya ane .. Di suruh download grapich gtu. . itu gmn ??

Itu ente artinya disuruh nge'update Driver VGA (graphic), atau mungkin alert krn Graphic nya ga sesuai. :)

Coba di copas disini pesen errornya apa gan, biar jelas. :D

gan gue intall BS kan nih. trus ane jalanin game (Clash of clan) . nah awalnya gapapa . lancar" aja gan. tp pas dpet beberapa menit. kok ada pesan muncul eror" trus di suruh close program.. itu kenapa ya gan ? mohon solusinya donk. :) :D Fb: Mirip Wildan

gan gue intall BS kan nih. trus ane jalanin game (Clash of clan) . nah awalnya gapapa . lancar" aja gan. tp pas dpet beberapa menit. kok muncul pesan "HD-Fronted.exe eror" trus di suruh close program.. itu kenapa ya gan ? mohon solusinya donk. Fb: Mirip Wildan

Gak semua game bisa dijalanin di BS gan, kalopun bisa kompi ente kudu punya Graphic Card yang sesuai. Dan kalopun spek kompi ente sudah dewa, setau ane CoC memang ga bisa dimaenin secara virtual di BS. :D

downloadlink nya mati ya gan ?? ane kok gk bisa download memorynya gan ??
untuk bluestack KK bisa gk gan ?

Kalau link mati, coba pake link mirrornya gan. =D
Bluestack KK itu apa gan? ane baru denger soalnya. :ngakak:

Gan di bluestacks ane ada game nya banyak tapi di background cmn dikit jdi klo mau maen game musti buka plystore cari gamenya ,ribet ada pencerahanya?

Maksudnya gimana gan? saya masih belum "mudeng" di background maksudnya apa? :-bd

Sekedar info saja bagi yang mau mencicipi Bluestacks versi Kitkat 4.4.2

0.9.1.4057 → http://cdn.bluestacks.com/downloads/0.9.1.4057/BlueStacks_HD_AppPlayerKK_setup_0.9.1.4057_REL.msi

0.9.0.4201 → http://cdn.bluestacks.com/downloads/0.9.0.4203/BlueStacks_HD_AppPlayerKK_setup_0.9.0.4203_REL.msi


Semua offline installer, tinggal unduh. Selamat mencoba. :-bd

knapa memorynya ga bsa d download ya,, pakai mirror jg ga bsa.. mohon bantuannya..

URL download sudah saya update, silahkan di unduh kembali. :-bd

aturan di cantumin bro di postingannya
harus update drive vga salah 1 solusinya
untung ane baca komen disini

tp thx jd bisa
stelah update drive vga
yg sbelumnya gk bisa

kmarinaku instal xmodgame di bluestack, tp waktu buka app xmod, bluestacknya malah nghang? ada solusi gan?

kalo blustack saya, masih proses loading ech tiba2 close sendiri,,, solusinya gimana nich???

gak work buat BS ane gan :(
semua custom memory udah ane download, dan ane coba satu satu
masih aja Mineraft PE nya blank screen :(
tapi pas ane mainin Real Steel bisa gan?

pake versi apa gan BS nya? coba temen2 yg msh trouble di memory pake BS versi kitkat deh... |o|

pake versi apa gan BS nya? coba temen2 yg msh trouble di memory pake BS versi kitkat deh... |o|
krn yg versi kitkat bugsnya tidak sebanyak versi JB apalagi GB. :ngakak:

pake versi apa gan BS nya? coba temen2 yg msh trouble di memory pake BS versi kitkat deh... |o|
krn yg versi kitkat bugsnya tidak sebanyak versi JB apalagi GB. :ngakak:

gan ,,kn gw udh bisa maen coco di BS ,,tpi gw langsung tutup BSnya krn jaringan lag ,, tpi pas gw buka lgi ,, BS nda mw jalan ,,maksudnya ,,BS kga mw msuk2 ,, cma di loadingnya trus yg ada tulisan initializing ,, udh aku unstall trus install lgi ,, tetap kga bisa ,, mhon solusa kk

bro aplikasinya jadi kesimpan diamana ? kok di My app ga kedetec

gan coc kok hitam hitam ama kotak kotak ya giman cara biar gx gitu lagi

gagaL gan
tetap hitam screen ny ne -_-

mantap gan...that's working... :)
Thank's

kok punya ane black screen juga gak ada suaranya gan

nanti data di SD card lama hilang apa tidak???

Gan..ane pke bluestack utk maen coc..kmren normal..skrng upgrade coc..malah banyak kotak2 hitamny gan..mhon solusinya gan

gue udah install bs versi kitkat..... apakah saya harus juga mendownload SD CARD

Gan aq nda bisa chat coc nya gmn ya,,,?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

haloo kak
BS saya tiba2 hilang audio suara nya. main game jadi gak ada suara sama sekali pdhal layar bagus2 aja. voice message juga gak bisa denger atau keluarin suara balik.
mohon banget bantuan nya gan :)

Registry yang dihapus apa aja? ane mau hapus takut ada registry yang salah hapus

Kak kalo saya uninstall be dan download lagi apakah game yg di vs dulu saya apus ada di bs yg baru?

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: