17 Mei 2014

XecureBrowser : Browser Khusus untuk Kegiatan Internet Banking agar Aman

Pada hari jum'at tanggal 16 Mei 2014 kemarin, kebetulan saya berkesempatan menghadiri sebuah acara Seminar Nasional "Security Awareness" yang di laksakan di STMIK AMIKOM YOGYAKARTA. Pada perhelatan tersebut sangat banyak pengetahuan yang saya dapatkan, dan salah satunya adalah yang akan saya ulas kali ini.

Seiring dengan majunya teknologi dewasa ini, sudah sama-sama kita ketahui bahwa berbagai macam kegiatan manusia pun sudah bisa di wakilkan dan di lakukan secara virtual tanpa harus berinteraksi secara langsung antara human to human.

Dengan banyaknya kemudahan yang di tawarkan oleh media internet dan teknogi pada masa ini tentunya menimbulkan masalah baru, salah satu contoh spesifik yaitu dari sisi keamanan penggunaan atau sekuriti. Apakah sudah bisa di pastikan sistem yang akan kita gunakan tersebut sudah aman?

Layaknya pencuri atau perampok di dunia nyata, di dunia digital (dunia maya) juga di kenal pencuri dengan berbagai macam istilah yang mewakili setiap teknik yang di gunakan oleh pencuri tersebut.


Dalam ulasan kali ini saya akan sharing kepada teman-teman sebuah perangkat lunak portable yaitu sebuah peramban atau lebih familiar teman-teman sebut dengan Browser. Keunggulan dari XecureBrowser ini tidak kalah dengan browser umum lainnya, namun secara spesifik XecureBrowser  hanya bisa kamu gunakan untuk kegiatan yang berhubungan dengan transaksi bank di internet (eBanking).

Sebagai salah satu contoh, pada browser ini kamu tidak dapat mengetikkan alamat URL pada address bar XecureBrowser, secara automatis pada halaman utama sudah tertera alamat URL bank-bank umum yang ada di Indonesia, dan XecureBrowser hanya dapat di gunankan untuk mengakses URL bank-bank tersebut. (lihat gambar di bawah)


Selain bank-bank tersebut di atas, XecureBrowser juga dapat menangani transaksi pembayaran elektronik dari merchant virtual seperti PayPal dan KasPay. (lihat gambar di bawah)


Apakah XecureBrowser ini hanya support pada bank-bank yang ada di Indonesia saja? Tentu tidak, dapat kamu lihat pada menubar kurang lebih ada 15 negara besar termasuk United States dan United Kingdom, yang mana dengan menggunakan XecureBrowser ini kamu dapat mengakses dan melakukan transaksi tidak hanya pada bank-bank yang ada di Negara Indonesia saja. (lihat gambar di bawah)


Tanpa panjang lebar lagi, bagi kalian yang tertarik untuk mengunduh XecureBrowser, bisa langsung kalian akses secara gratis melalui tautan yang sudah saya sediakan di bawah ini. Sebagai catatan, XecureBrowser ini bersifat portable dan sudah tersedia untuk platform Windows, Mac OSX dan Linux.



Secara spesifik XecureBrowser ini di buat menggunakan source code dari Chrome Projects yang kebetulan memang open source sehingga dalam hal ini XsecureIT mengembangkan nya menjadi sebuah browser yaitu XecureBrowser yang khusus terkonsentrasi pada sisi sekuriti agar dapat di gunakan oleh pengguna untuk bertransaksi eBanking secara lebih aman.

Untuk informasi lengkap, teman-teman bisa mengunjungi laman utama XecureBrowser tersebut Disini. Teman-teman juga dapat aware mengenai Kejahatan eBanking dengan sedikit edukasi dari poster dan storyboard yang bisa kalian akses di bawah ini. Poster Disini dan Storyboard Disini.

Semoga ulasan saya yang sedikit agak panjang kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kawan-kawan pembaca blog ini. Terutama bagi kawan-kawan sekalian para pengguna eBanking agar dapat lebih aware akan bahaya kejahatan siber melalui eBanking.

2 comments

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: