15 Juni 2014

Cara Mudah dan Efektif Keluar dari Google Sandbox

Apa itu Google Sandbox? teman-teman yang masih awam dengan istilah ini mungkin akan sedikit bingung, namun tidak halnya dengan kawan-kawan Blogger. Google Sandbox adalah ibarat penyakit yang bagi para Blogger harus hindari dan jangan sampai terkena.

Secara sederhana Google Sandbox atau Sandboxing (Penalti dari Google) adalah istilah yang diberikan untuk cara kerja Google melakukan penyusunan rangking di indexnya. Google Sandbox masih banyak di perdebatkan dan istilah ini muncul pertama kali di tahun 2004 akan tetapi belum ada pernyataan resmi tentang kontroversi tersebut. (Wikipedia)

Dengan kata lain apabila blog atau website milikmu terkena Sandboxing, pada hasil pencarian di Google, blog atau web milikmu itu tidak keluar atau tidak terindex oleh mesin pencari, menyedihkan bukan?


Untuk benar-benar mengetahui apakah blog milikmu terkena Sandbox atau tidak, kamu bisa menggunakan beberapa tool yang ada di bawah ini
Apabila dengan menggunakan cara-cara di atas masih juga belum kalian ketahui apakah blog kalian terkena Sandbox atau tidak, kalian juga bisa menggunakan cara seperti di bawah ini menggunakan google dengan menambahkan perintah site:, contoh:

site:http://www.thesigit.net
site:http://www.thesigit.net/2014/06/cara-mudah-dan-efektif-keluar-dari-google-sandbox.html

Bila teman-teman menggunakan cara di atas dan hasilnya tidak muncul pada mesin pencari google, bisa di pastikan blog kamu sedang terkena Sandbox. Ciri-ciri lain blog atau web kamu sedang terkena Sandbox adalah, jika sebelumnya blog atau artikel tertentu milikmu menguasai keyword pada halaman pertama hasil pencarian, namun secara tiba-tiba hilang entah kemana dari hasil pencarian maka bisa di pastikan blog kamu sedang terkena Penalti dari Google atau Sanboxing.

Berikut ini saya akan share sedikit kepada teman-teman mengenai Cara Mudah dan Efektif Keluar dari Google Sandbox menurut pengalaman saya pribadi.
  • Hentikan segala macam bentuk optimasi yang berlebihan pada blog atau web kamu.
  • Terus melakukan posting seperti biasanya.
  • Gunakan Tool dari Google Webmaster untuk melakukan reindex dan fetching artikel-artikel terbarumu. (jangan terlalu sering)
  • Membuat artikel yang berkaitan dengan keyword Google di dalamnya, sebagai contoh kemarin saya menulis artikel tentang Download Ebook Konsep Dasar SEO dari Google untuk Pemula.
  • Terus yakin dan Bersabar. :)
Beberapa di atas tadi adalah beberapa tips atau langkah-langkah yang saya coba terapkan pada blog thesigit.net yang kebetulan beberapa bulan kemarin terkena Google Sandbox. Blog ini terkena Sandboxing kurang lebih 3 bulan, namun kalau tidak salah tepat pada tanggal 10 Juni 2014 kemarin, blog ini sudah berhasil terindex kembali.

Apabila blog atau website teman-teman ada yang sedang terkena penalti dari Google atau Sandboxing, kalian bisa mencoba tips-tips dari saya. Tidak ada cara yang instant memang dalam mengatasi Google Sandbox ini, namun tidak ada salahnya bagi teman-teman untuk mencoba dan terus bersabar hingga dapat terindex kembali oleh mesin pencari Google.

Sekian ulasan kali ini mengenai Cara Mudah dan Efektif Keluar dari Google Sandbox menurut pengalaman pribadi saya. Semoga berguna dan bermanfaat bagi teman-teman yang sedang terkena Sandboxing oleh Google. Tetap bersabar dan semangat sampai blog kalian bisa ter'index kembali. Wassalam. :)

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: