14 April 2013

Cara Mudah Menjalankan Android di Komputer dan Laptop

Dalam tulisan kali ini saya akan berbagi tentang cara menjalankan dan menginstall sistem operasi si robot hijau yaitu Android pada komputer, baik itu PC maupun Laptop.

Umumnya Android hanya bisa kamu akses dan kamu cicipi bila menggunakan smartphone atau tablet saja, namun disini dengan menggunakan bantuan dari perangkat lunak virtual, Android pun bisa kamu install dan kamu gunakan pada komputer dan laptop milikmu? Ga percaya? Penasaran?

Untuk itu semua, penting kiranya kamu sedikit mengerti akan cara kerja dari software mesin virtual yang akan saya gunakan, yaitu VirtualBox. Langsung saja kamu ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini untuk menikmati Android pada komputer dan laptop milikmu.



Bahan yang perlu kamu siapkan:
  • Silahkan kamu unduh dan pelajari terlebih dahulu tentang mesin virtual (VirtualBox) Disini
  • Siapkan Sistem Operasi Android, kamu bisa menggunakan Buildroid atau AndroVM. kedua-duanya mempunyai fungsi yang sama dan di develop oleh pengembang yang sama, hanya saja AndroVM adalah penyempurnaan dari Buildroid.



1. Buildroid
2. AndroVM

Untuk Buildroid saya lebih memilih yang nomor ke empat, karena sudah support Google Apps dengan ukuran screen seperti tablet. Sedangkan untuk AndroVM saya pribadi memilih yang nomor ke dua, dengan alasan yang sama yaitu karena sudah mendukung Google Apps dan support pada flash player.

Setelah OS Android dan VirtualBox selesai kamu unduh , silahkan kamu ikuti langkah-langkah singkat berikut ini:
  • Jalankan program Virtualbox
  • Klik menu File dan pilih Import Appliance
  • Klik Choose atau Open Appliance dan pilihlah file Buildroid atau AndroVM yang sudah di unduh tadi
  • Klik Next, lalu klik Import
  • Kemudian tekan tombol Start atau Mulai untuk mulai menjalankan Android.
Berikut di bawah ini adalah contoh Buildroid dan AndroVM yang saya jalankan pada VirtualBox milik saya. Sebagai catatan, Android yang saya gunakan adalah Android 4 atau Ice Cream Sandwich dan berjalan sempurna pada Windows 7 32bit milik saya.





Untuk dapat terhubung dengan koneksi internet, pastikan kamu mengaturnya pada pengaturan atau settings, pilihlah tab Network kemudian pilih NAT pada Adapter 1. (lihat gambar berikut)




Android ini dapat berjalan baik dengan RAM 512MB pada pengaturan VirtualBox, namun lebih baik lagi apabila kamu sesuaikan dengan besarnya RAM dari komputer atau laptop milikmu.

Selain itu tidak semua aplikasi dapat kamu install pada Android di VirtualBox ini, karena memang sebagian aplikasi Android di Google Play hanya mendukung chip dengan arsitektur ARM, namun untuk penggunaan Android secara keseluruhan sudah dapat kamu nikmati dan kamu cicipi dengan menggunakan Android pada VirtualBox diatas.




Sebagai tambahan dan rujukan situs resmi dari AndroVM, Buildroid dan VirtualBox. Ketiganya bisa kamu akses melalui tautan atau link yang sudah saya sediakan diatas. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini ke jejaring sosial dan mendiskusikannya dengan saya melalui kotak komentar yang ada di bawah berikut ini. Semoga bermanfaat.

P.S : Bagi kamu yang ingin menjalankan aplikasi Android di PC/Laptop gunakan emulator Android yg sudah support seperti BlueStacks. → download disini http://www.thesigit.net/2013/11/download-gratis-bluestacks-offline_28.html

Semoga ulasan singkat saya kali ini tentang Cara Mudah Menjalankan Android di Komputer dan Laptop dapat bermanfaat bagi kawan-kawan yang sedang membutuhkan artikel rujukan mengenai pembahasan ini. Terima kasih. :)

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: