6 Januari 2012

Dabr : Cara Memasang Kanvaso

Selamat malam kawan, kali ini saya ingin sedikit membahas tentang bagaimana menambahkan kode API dari Kanvaso pada script twitter open source dari Dabr. tulisan ini adalah lanjutan dari pembahasan mengenai cara membuat twitter mobile client sendiri dengan menggunakan source code dari Dabr.

Sebagian teman-teman mungkin bingung apa itu Kanvaso, baiklah, mungkin sebagian teman-teman yang suka me'ReTweet sudah mengetahui, fitur kanvaso yaitu mengubah karakter menjadi URL, lebih tepatnya short URL, sama ketika Ubersocial yang otomatis merubah tweet menjadi URL apabila melebihi 140 karakter.

Dan disini kegunaan Kanvaso sama seperti fitur yang terdapat pada aplikasi-aplikasi tersebut, dengan memasang kode API dari Kanvaso anda tidak harus menghapus karakter yang lebih dari 140 char. secara manual karena kanvaso akan mengubah nya secara otomatis menjadi sebuah short URL.

Contoh nya bisa kawan lihat pada gambar screenshoot di bawah ini :





Pada gambar di atas mungkin teman-teman bisa mudeng, gambar di atas menjelaskan bagaimana kanvaso mengubah otomatis tweet saya yang over 140 char menjadi short URL domain http://kvs.co/blablabla. Dan kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial mengenai memasang kode API kanvaso pada script twitter (Dabr) anda.

  • Silahkan buka situs Kanvaso.com dan login via twiiter oAuth.
  • Pada bagian bawah (footer) Web Kanvaso anda akan menemukan bagian "API", klik dan anda akan di forward ke halaman API mereka. (lihat gambar di bawah)


  • Setelah anda pada halaman seperti gambar di atas silahkan mendaftarkan (klik register) aplikasi anda pada kanvaso untuk mendapatkan kode API.
  • Setelah mengisi data-data aplikasi anda lalu klik register, anda akan langsung mendapatkan kode API dari kanvaso (lihat gambar di bawah)



Setelah mendapatkan kode API dari Kanvaso sekarang kita beralih pada script twitter anda.

1. Silahkan anda buka file config.php menggunakan notepad atau notepad++ dan carilah kode ini

define('BASE_URL', $base_url.'/');


dan di bawah nya anda tambahkan


define('KANVASO_API_KEY', 'API KEY ANDA');




(ganti API KEY ANDA dengan API key yg tadi anda dapatkan setelah register)


2. Silahkan buka common/twitter.php dan cari kode ini 


$status = twitter_url_shorten(stripslashes(trim($_POST['status'])));




dan di bawah nya anda tambahkan




// shrink the status if it exceeds Twitter's limit 140 if(mb_strlen($status, 'utf-8') > 140)$status =handle_long_tweet($status);



3. Masih di twitter.php , silahkan anda tambahkan kode di bawah ini di bagian akhir SEBELUM kode ?> (penutup)

function handle_long_tweet($status) {

require_once('OAuth.php');$header = array(

'X-Auth-Service-Provider: https://api.twitter.com/1/account/verify_credentials.json',

'X-Verify-Credentials-Authorization: OAuth realm="http://api.twitter.com/"'

);$consumer = new OAuthConsumer(OAUTH_CONSUMER_KEY, OAUTH_CONSUMER_SECRET);$sha1_method = new OAuthSignatureMethod_HMAC_SHA1();// user's tokenlist($oauth_token, $oauth_token_secret) = explode('|', $GLOBALS['user']['password']);$token = new OAuthConsumer($oauth_token, $oauth_token_secret);// Generate all the OAuth parameters needed$signingURL = 'https://api.twitter.com/1/account/verify_credentials.json';$request = OAuthRequest::from_consumer_and_token($consumer, $token, 'GET', $signingURL, array());$request->sign_request($sha1_method, $consumer, $token);$header[1] .= ", oauth_consumer_key=\"" . $request->get_parameter('oauth_consumer_key') . "\"";$header[1] .= ", oauth_signature_method=\"" . $request->get_parameter('oauth_signature_method') ."\"";$header[1] .= ", oauth_token=\"" . $request->get_parameter('oauth_token') ."\"";$header[1] .= ", oauth_timestamp=\"" . $request->get_parameter('oauth_timestamp') ."\"";$header[1] .= ", oauth_nonce=\"" . $request->get_parameter('oauth_nonce') ."\"";$header[1] .= ", oauth_version=\"" . $request->get_parameter('oauth_version') ."\"";$header[1] .= ", oauth_signature=\"" . urlencode($request->get_parameter('oauth_signature')) ."\"";$url = 'http://api.kanvaso.com/1/update.php';$ch = curl_init();$contents = array('text'=>urlencode($status),

'api_key'=>KANVASO_API_KEY,

'format'=>'json');




foreach($contents as $key=>$value) {$fields .= $key . '=' . $value . '&';

}curl_setopt($ch, CURLOPT_URL, $url);curl_setopt($ch, CURLOPT_HTTPHEADER, $header);curl_setopt($ch, CURLOPT_RETURNTRANSFER, TRUE);curl_setopt($ch, CURLOPT_POST, 1);curl_setopt($ch, CURLOPT_POSTFIELDS, $fields);$respond = curl_exec($ch);$response_info = curl_getinfo($ch);curl_close($ch);$result = json_decode($respond);

if($result->status == 'success')

return $result->text;

else

return $result->text;

}

Setelah step-step di atas tadi selesai silahkan save semua coding anda dan upload kembali ke hostingan anda. untuk melihat perubahan nya silahkan anda mencoba dengan membuat tweet lebih dari 140 karakter, di sana anda dapat melihat apakah kanvaso anda sudah berjalan dengan baik dengan menyingkat otomatis menjadi short URL atau belum. sampai saat ini fitur kanvaso sukses dan dapat berjalan dengan baik pada aplikasi twittkamu.com milik saya.

Untuk teman-teman yang masih bingung bisa langung mention saya via twitter, insyaallah saya bisa membantu anda. selamat mencoba, semoga artikel ini berguna.






sumber: mekz, mekzz twitter, kaskus, dabr, googlecode

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: