27 November 2013

Pengenalan Algoritma Secara Visual Menggunakan RAPTOR

Rapid Algorithmic Prototyping Tool for Ordered Reasoning (RAPTOR) sebenarnya adalah lingkungan bahasa pemrograman visual yang berbasis flowchart. Tool yang disediakan memungkinkan pemakai bisa membuat flowchart dengan mudah dan kemudian bisa mengamati hasilnya tanpa menggunakan bahasa pemgrograman seperti Java atau C++.

Pendekatan yang disediakan oleh RAPTOR akan memudahkan siapa saja yang sedang mempelajari penyusunan algoritma. Mereka bisa berkonsentrasi pada penyusunan flowchart saja dan dapat mengamati hasilnya tanpa harus belajar menulis program. Berbeda dengan flowchart tradisional yang mengharuskan pemakai mencoret-coret di kertas terlebih dahulu untuk membuktikan kebenaran algoritma.




RAPTOR memberikan cara baru untuk menguji flowchart. Seperti istilah pada bahasa pemrograman, di RAPTOR terdapat istilah eksekusi, langkah-langkah di flowchart bisa di eksekusi sehingga teman-teman bisa mengamati hasil setiap instruksi. jadi flowchart tidak hanya sekedar sebagai alat komunikasi dan dokumentasi. tetap sekaligus bisa pula di uji secara visual.


RAPTOR dikembangkan pertama kali di Akademi Angkatan Udara Amerika Serikat. Para penciptanya adalah Terry Wilson, Martin C. Carlisle, Jeff Humphries, dan Jason Moore. Perangkat lunak ini tergolong sebagai Free Software dengan lisensi Sumber Terbuka (Open Source).

Bagi teman-teman yang berminat mengunduh perangkat lunak ini kalian bisa mengaksesnya melalui tautan yang sudah saya sediakan dibawah berikut ini.


Homepage Download RAPTOR Download Portable


Selain versi installer, RAPTOR juga tersedia dalam versi atau format portable sehingga teman-teman bisa pula menggunakan serta menyimpannya dalam media penyimpanan seperti flash disk agar bisa langsung di gunakan ketika di butuhkan.

Semoga ulasan singkat saya kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi teman-teman sekalian, tak lupa pula saya ingatkan kembali untuk jangan sungkan membagikan artikel yang bermanfaat kepada sesama melalui tombol jejaring sosial yang ada di bawah ini. Terima kasih.

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: