27 April 2013

Cara Shutdown Komputer Jarak Jauh (Remote) dengan Menggunakan Twitter

Dalam ulasan kali ini saya akan berbagi kembali sebuah tips sederhana yang dapat kamu coba dan kamu implementasikan pada komputer maupun laptop milikmu, yaitu sebuah pembahasan tentang bagaimana caranya shutdown komputer dari jarak jauh menggunakan Twitter sebagai alat bantu.

Secara keseluruhan tips ini adalah merupakan bagian dari remote komputer, yang mana kali ini lebih spesifik menggunakan internet dan Twitter sebagai alat bantu dari remote komputer jarak jauh tersebut.

Untuk langkah-langkah dan apa saja yang harus kamu persiapkan, silahkan kamu simak saja langsung melalui ulasan berikut dibawah ini.



Berikut ini bahan dan langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  • Download Tweet My PC, Unduh Disini
  • Install Microsoft .Net Framework 3.5 SP1, Unduh Disini
  • Siapkan akun email Gmail dan Akun Twitter, buatlah akun Twitter baru khusus untuk remote
  • Setelah kamu install Tweet My PC (wajib online), silahkan langsung saja kamu jalankan program tersebut seperti pada gambar dibawah ini. Isi kolom email dan password, setelah itu lanjutkan dengan klik "Sign in with Twitter" (seperti pada gambar dibawah)

  • Setelah kamu klik "Sign in with Twitter", secara otomatis kamu akan diarahkan pada browser untuk memberikan permission pada Twitter sekaligus nomor PIN yang harus kamu masukkan pada box aplikasi Tweet my PC. Setelah PIN kamu isikan, silahkan klik "Ok" dan lanjutkan dengan klik tombol "Save and Hide". (seperti pada gambar dibawah)

  • Setelah semua selesai yang kamu lakukan hanya tinggal mengetikkan command atau perintahnya saja di Twitter, dan secara otomatis komputer atau laptopmu akan merespon perintah tersebut. seperti contoh dibawah ini saya ingin mengetahui informasi dari Sistem Operasi yang saya gunakan dengan mengetikkan perintah "Os" (tanpa tanda petik) di Twitter, dan secara otomatis akan keluar informasinya di Twitter seperti berikut ini.


Untuk shutdown komputer, tentu saja kamu tinggal mengetik perintah "Shutdown" di Twitter. Untuk beberapa perintah lainnya kamu bisa temukan melalui tautan berikut.


Sebagai catatan, syarat utama agar komputer dapat merespon perintah yang kamu ketikkan di Twitter tentunya kamu harus terhubung dahulu dengan internet, jadi hal ini tidak dapat kamu lakukan secara offline.

Untuk hal lain yang berkaitan dengan remote PC dengan menggunakan Twitter bisa kamu diskusikan dengan saya melalui kotak komentar yang ada dibawah ini, dan jangan lupa untuk selalu membagikan artikel yang bermanfaat kepada sesama.

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: