30 Maret 2013

Mengenal VirtualBox, Sebuah Perangkat Lunak Virtualisasi

Apasih VirtualBox itu? Secara umum pastinya pengguna internet sudah ada yang tidak asing dengan nama perangkat lunak tersebut, terlebih bagi kamu yang setiap harinya selalu bergaul dengan dunia internet dan gemar mencoba-coba sistem operasi lain sebagai bahan perbandingan dan pembelajaran.

Secara sederhana dapat saya jelaskan, VirtualBox adalah sebuah perangkat lunak virtualisasi yang dapat kamu gunakan untuk menjalankan dan mengeksekusi sebuah sistem operasi “tambahan” di dalam sistem operasi “utama” yang sedang kamu gunakan. Contohnya saat ini kamu menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama di komputer, namun dengan VirtualBox ini kamu juga bisa menjalankan sistem operasi lainnya yang diinginkan secara bersamaan di dalam sistem operasi “utama” tadi, semisal Linux maupun Mac OS.



Project dari VirtualBox pertama kali dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang ada di Jerman, yaitu Innotek GmbH dan tepat pada bulan Februari tahun 2008, Innotek GmbH resmi diakusisi oleh pihak Sun Microsystems, dan wajar apabila kini VirtualBox bernama “Oracle VM VirtualBox”.

Dengan adanya perangkat lunak mesin virtual seperti VirtualBox, tentunya ini sangat membantu dan berguna sekali bagi pengguna yang ingin melakukan sebuah ujicoba dan simulasi instalasi pada sistem operasi tertentu tanpa harus mengganggu dan kehilangan sistem operasi utama yang sudah ada. Selain itu VirtualBox juga sangat cocok digunakan untuk kamu yang gemar bereksperimen dengan sistem operasi lain tanpa harus khawatir pada sistem operasi utama milikmu.




Jika muncul iklan saat klik link tunggu saja 5 detik, kemudian klik Skip atau Lewati di kanan atas.

Selain itu, VirtualBox juga di distribusikan secara gratis oleh pihak Oracle dengan lisensi GPL (General Public License) dan memiliki ukuran sekitar 93MB, serta merupakan perangkat lunak cross plarform yang artinya sudah dapat kamu digunakan pada hampir semua sistem operasi populer yang ada saat ini, baik itu Windows, Linux maupun Mac OS.

Penasaran dengan perangkat lunak mesin virtual ini? Silahkan langsung saja kamu unduh secara gratis melalui situs resminya lewat tautan diatas. Beberapa perangkat lunak lain dengan fungsi serupa seperti VirtualBox adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: