18 Desember 2012

Cara Setting Timezone Manual di PHP 5.2+

Ceritanya berawal ketika tempat dimana saya meng'host file-file milik saya, atau hosting provider yang saya gunakan ternyata sedang berpindah lokasi alias melakukan migrasi dari Cilacap (USA) ke Tegal (Canada).

Dan efek dari migrasi tersebut ternyata mengakibatkan adanya setting atau konfigurasi yang harus disesuaikan, yaitu pada file php.ini (php dot ini) milik saya yang berubah, dan tentu saja mengeluarkan pesan error seperti yang ada di bawah ini.

Warning: date() [function.date]: It is not safe to rely on the system’s timezone settings. You are *required* to use the date.timezone setting or the date_default_timezone_set() function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected ‘America/New_York’ for ‘WIT/7.0/no DST’ instead in /home/xxxxxx/public_html/

Sontak sayapun kaget, ceileh sontak. Yah tentu saja saya kaget, namun setelah melihat flag dari IP web saya yang berubah dari bendera USA menjadi bendera Canada, saya pun akhirnya sedikit mendapat pencerahan. *itulah gunanya menggunakan addons World IP*.


Setelah sibuk bertapa dan menggauli file php.ini akhirnya masalah pun terpecahkan. Ternyata masalah terletak  pada setting Timezone yang tidak sesuai karena berpindahnya lokasi dari server hosting tadi.

Bagi kamu yang memiliki permasalahan serupa, silahkan langsung saja kamu buka file php.ini (silahkan buka melalui Filezilla atau File manager di cpanel). dan perhatikan pada baris paling bawah.
#Local Variables: 
#tab-width: 4
#End: 
date.timezone = America/New_York
Seperti pada gambar di atas, silahkan kamu isi lokasi timezone sesuai dengan pesan error yang tampil di web milikmu, seperti contoh gambar di atas, saya di sarankan mengubahnya ke America/New_york, setelah itu jangan lupa save dan upload kembali ke Hosting, dan Taraaa.. pesan error pun sudah hilang dari layar.

Sebagai tambahan silahkan kamu cek daftar dari Timezone yang didukung oleh PHP berikut ini http://us.php.net/manual/en/timezones.php Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi teman-teman yang mengalami masalah serupa.

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: