28 September 2012

Cara Mudah Setting DocumentRoot pada Xampp

Selamat malam kawan-kawan blogger, Semoga selalu dalam keadaan sehat dan berada dalam lindungan TUHAN YME.

Dalam tulisan kali ini saya ingin berbagi mengenai bagaimana cara merubah settingan default dari path direktori Apache di Xampp anda. Dalam hal ini Sistem Operasi yang saya gunakan yaitu Windows 7.

Secara umum biasanya pada Xampp, folder atau path yang akan kita akses pada saat kita mengakses localhost pada browser adalah folder htdocs (C:/xampp/htdocs), namun pada hal ini settingan atau konfigurasi tersebut dapat kita rubah atau kita arahkan ke path / folder sesuai keinginan kita.


Untuk dapat merubah settingan default tersebut silahkan di simak sedikit tips dari saya berikut ini.
  • Pertama silahkan buat dahulu folder anda, terserah apakah itu di Drive C: ataupun di Drive D:, sebagai contoh kali ini saya membuat folder atau direktori dengan nama PHP dan saya tempatkan di root Drive D: saya. (lihat gambar 1)
  • Langsung saja ke folder dimana anda menginstall Xampp, dan temukan file config "httpd.conf" yang ada di dalam folder C:Xampp/Apache/Conf/httpd.conf
  • Buka file httpd.conf tersebut menggunakan notepad atau notepad++, saya recommended dengan menggunakan notepad++ karena lebih detail untuk interface nya.
  • Pada notepad++ silahkan anda cari pada line 183, dan silahkan rubah  DocumentRoot "D:/PHP" (lihat gambar 1) menjadi path dari direktori yang anda inginkan, dalam hal ini sebagai contoh saya mengubahnya ke Drive D: di dalam folder PHP.
  • Masih di file httpd.conf silahkan di cari pada line 210 (lihat gambar 2) dan silahkan di rubah (samakan dengan settingan path pada line 183 tadi)
  • Selesai, dan silahkan aktifkan Xampp anda dan cobalah dengan mengakses "localhost" atau "127.0.0.1" (tanpa tanda petik) dan anda akan melihat bahwa settingan default dari path Xampp anda sudah berubah ke direktori yang anda inginkan tadi.


(1) klik untuk perbesar gambar

(2) klik untuk perbesar gambar


Sekiranya itu saja yang dapat saya share kali ini mengenai Xampp, Semoga sedikit tutorial ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kawan-kawan sekalian. Wassalam. :)




sumber: mekz dan Xampp

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: