16 September 2012

Twittkamu : Twitter Stream Widget

Twitter Stream? apa itu twitter stream. pada awalnya ide ini pun secara tidak sengaja saya dapat ketika saya dan komunitas yang saya ikuti sedang mengadakan sebuah event (gathering) dan saya memiliki ide untuk sebuah acara live tweet yang berbarengan dengan acara makan siang.

Pada dasarnya atau secara umum, twitter stream ini kurang lebih sama seperti twitter widget pada umumnya, hanya saja kali ini twitter widget yang saya gunakan lebih spesifik di gunakan hanya untuk mem'filter karakter (keyword) yang kita inginkan, dalam hal ini adalah #hashtag yang sekiranya ingin kita tampilkan pada widget tersebut.

Dengan sedikit polesan bahasa HTML dan Javascript serta perpaduan design warna serta gambar background, header dan footer yang berkaitan dengan event, semua file tersebut saya bundel dan saya upload pada Web hosting yang tentu saja hanya dengan membuka URL Website yang bersangkutan, widget yang saya buat tadi langsung bisa di akses secara publik. Dan twitter stream ini pun selesai saya buat.




Sebagian teman-teman masih bingung? apa gunanya? dan apa bedanya dengan langsung memantau dari twitter search?

Saya jelaskan secara singkat disini, mengapa saya menyebut widget ini sebagai twitter stream (streaming / real time). Kegunaan utama dari twitter stream widget ini tentu saja untuk memantau langsung kegiatan yang sedang berlangsung secara real time (stream) melalui twitter dengan keyword (#hashtag) yang sudah kita tentukan dan akan membawa setiap tweet tersebut tampil di twitter stream widget ini untuk dapat di lihat secara publik atau dalam hal ini adalah peserta event tersebut.


Klik utk memperbesar
#GetInJUI - Twitter Stream Widget By Twittkamu.com



Sebagai contoh (lihat gambar di atas) adalah Event Gathering Internal United Indonesia Chapter Jogjakarta yang secara kebetulan menggunakan twitter stream widget hasil olahan saya yang secara tidak sengaja, dan alhamdulillah bisa terealisasi dan sukses membuat acara ini semakin meriah dan dapat di nikmati oleh para teman-teman yang kebetulan tidak bisa hadir langsung di venue acara, namun masih bisa memantau dan melihat seru nya acara yang berlangsung via twitter.

Untuk teman-teman yang ingin melihat twitter stream widget saya bisa langsung ke situs ini. dan untuk teman-teman yang ingin melihat twitter stream widget dari event sebelumnya bisa mengaksesnya lewat mirror server yang ada di sini.

Semoga sedikit cerita ini dapat berguna dan bermanfaat bagi teman-teman sekalian. "Bahwa ide itu bisa berawal dari apa saja, meskipun hal yang sederhana sekalipun". Wassalam. :)

sumber: mekz dan twittkamu.com

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: