4 Februari 2014

Cara Menambahkan Script PHP Load Time

Beberapa hari yang lalu saya iseng-iseng ingin membuat sebuah informasi dengan format sederhana berbasis web yang berhubungan dengan informasi gempa. Lalu dengan bantuan sumber data yang valid dari BMKG saya mulai membuat sebuah laman sederhana yang terkait dengan Informasi Gempa Terkini di Indonesia.

Dalam ulasan kali ini saya tidak akan membahas mengenai laman tersebut, namun lebih kepada hal kecil namun penting menurut saya, yaitu tentang bagaimana memasang atau meng'embed sebuah scipt sederhana yang nantinya akan berguna sebagai bahan acuan atau parameter dari seberapa lama halaman tersebut di load atau di proses.

Secara sederhana teman-teman mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan "Load Time Script" yang di tulis menggunakan bahasa PHP atau Hypertext Preprocessor. Sebagai contoh kalian bisa melihatnya pada laman DEMO yang sudah saya sediakan di bawah berikut.





Untuk dapat mengimplementasikan script sederhana tersebut di laman kalian, silahkan kamu simak tips sederhana berikut ini.

- Silahkan kamu taruh script yang ada di bawah ini pada bagian paling atas laman, saya pribadi menaruhnya di bawah <head>
<?php
$time = microtime();
$time = explode(' ', $time);
$time = $time[1] + $time[0];
$start = $time;
?>
- Setelah itu silahkan kamu tambahkan kembali script yang ada di bawah ini sebagai output nya. Untuk peletakan silahkan di sesuaikan dengan laman dan selera kamu. Saya pribadi menaruhnya di bawah </body>
<?php
$time = microtime();
$time = explode(' ', $time);
$time = $time[1] + $time[0];
$finish = $time;
$total_time = round(($finish - $start), 4);
echo '<font size="1" font face="Tahoma, Geneva, sans-serif" >Page generated in '.$total_time.' seconds.</font>';
?>

Untuk style seperti jenis dan ukuran FONT saya asumsikan disini teman-teman sudah faham akan dasar-dasar HTML. Bila masih kesulitan teman-teman bisa mendapatkan sumber bantuan dari w3school.

Untuk melihat contoh implementasinya, silahkan teman-teman sekalian lihat pada laman DEMO yang sudah saya sertakan di atas, di bagian paling bawah laman tersebut kalian bisa melihat lama waktu dari laman tersebut di proses.

Semoga ulasan singkat saya kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Jangan lupa untuk selalu membagikan artikel yang berguna dan bermanfaat ke jejaring sosial melalui tombol share yang ada di bawah ini.

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: