27 September 2013

Cara Mudah Install Module Bahasa Indonesia pada OpenCart

Dalam tulisan singkat kali ini saya akan kembali berbagi kepada teman-teman mengenai bagaimana caranya menambahkan atau menginstall module baru pada CMS OpenCart.

Untuk teman-teman yang masih asing dengan nama CMS OpenCart saya sarankan untuk Googling terlebih dahulu, karena disini saya tidak akan membahas secara spesifik mengenai CMS dari OpenCart tersebut.

Module pada OpenCart disini sama seperti Plugins pada CMS WordPress, yang mana melalui module atau plugins tersebut kita dapat menambahkan fitur-fitur tambahan sesuai keinginan si pengguna. Langsung saja kita ke tahap-tahap instalasi module Bahasa Indonesia pada OpenCart, silahkan disimak.


Pertama-tama silahkan kamu unduh terlebih dahulu module Bahasa Indonesia melalui tautan berikut.

1. Unduh module Bahasa Indonesia

Download Mirror #1

2. Di dalam folder unduhan tersebut ada 2 buah folder, yaitu folder admin yang berisi module Bahasa Indonesia untuk laman admin (back end) serta folder catalog yang berisi module untuk laman depan (store front).

3. Silahkan kamu login ke ke cPanel Hosting atau login via FTP, kemudian upload module tersebut ke folder atau path seperti yang saya contohkan dibawah ini.
/public_html/catalog/language/
/public_html/admin/language/ 
- Upload module (nama folder indonesia) yang ada didalam folder catalog ke hosting kamu pada folder /catalog/language/*upload disini*
- Upload module (nama folder indonesia) yang ada didalam folder admin ke hosting kamu pada folder /admin/language/*upload disini*

4. Setelah itu silahakan login ke laman Administrator anda lalu pilih menu System  Localisation  Language. Klik tombol "Insert" untuk membuat sebuah entri baru dengan menggunakan parameter sebagai berikut:

  • Language Name : Indonesia
  • Code : id
  • Locale : id_ID.UTF-8,id_ID,id-id,indonesia
  • Image : id.png
  • Directory : indonesia
  • Filename : indonesia
  • Status : Enable
  • Sort Order : 2

Jangan lupa untuk klik tombol "Save" setelah semua field kamu isi dengan paramater-parameter yang sudah saya sediakan diatas.

5. Langkah terakhir adalah mengaktifkan Bahasa Indonesia tersebut dengan mengakses menu System  Setting. Kemudian klik tombol "Edit"  pilih tab "Local" untuk mengaktifkan setting Bahasa Indonesia pada halaman web (store front) dan pada laman admin (back end) kamu.


Setelah kamu klik "Save" bisa kamu lihat tampilan dari laman admin OpenCart dan laman utama web kamu sudah berubah menjadi Bahasa Indonesia.

Bagi teman-teman yang masih mengalami kebingungan dalam proses instalasi atau sekiranya ada hal-hal yang ingin di diskusikan dengan saya, silahkan teman-teman meninggalkan pesan dan komentar melalui comment box yang sudah saya sediakan dibawah ini.

Semoga ulasan singkat saya kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi teman-teman sekalian yang sedang mempelajari tentang CMS OpenCart. 

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: