9 Mei 2013

Membuat Game HTML5 Menggunakan Game Engine Scirra

Dunia games atau permainan dewasa ini memang berkembang sangat pesat seiring berkembangnya teknologi informasi, selain itu game saat ini pun tidak terbatas hanya pada game konsol saja. Sudah banyak sekali game yang bermunculan dan bisa di akses melalui berbagai macam platform dan device seperti smartphone, tablet, game berbasis web online bahkan game offline untuk desktop sekalipun.

Salah satu tren game saat ini pun sepertinya kembali mengangkat game 2D, yang mana sebelumnya Angry Birds berhasil menjadi game 2D tersukses abad ini. Kali ini saya tidak akan membahas bagaimana cara membuat game, namun secara singkat saya akan share berupa perangkat lunak bernama "Scirra" yang bisa kamu gunakan untuk membuat game 2D berbasis HTML5 secara sederhana dengan menggunakan Construct yang merupakan bagian dari HTML5 tersebut.


HTML5 memang akhir-akhir ini sangat fenomenal, salah satunya karena ia bisa langsung di eksekusi di sisi client dan tentunya support dengan all platform yang ada saat ini. Dengan menggunakan Scirra ini kamu dapat membuat sebuah game hanya dengan "Drag and Drop" object saja, tentunya disini kamu juga membutuhkan pemahaman tentang konsep OOP (Object Oriented Programming) terlebih dahulu.

Perangkat lunak atau game engine Scirra ini dapat kamu unduh secara gratis, karena memang terdapat dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar. Sayangnya untuk versi gratis kamu hanya dapat membuat game hingga 2 level atau 2 tingkatan saja dan game yang kamu buat dengan versi gratis hanya bisa kamu deploy ke platform web (HTML5) saja.

Homepage Scirra Download Scirra


Untuk membuat game dengan banyak level dan mempublish game tersebut langsung ke banyak platform seperti Android, iOS, Chrome Web Store, Windows 8 Apps, Facebook Games dan Desktop, sebaiknya kamu membeli lisensi untuk Scirra versi berbayar.

Bagi teman-teman yang ingin mempelajari atau sekedar mencicipi Scirra, silahkan kamu unduh versi gratis dari Scirra melalui tautan yang ada di atas. Semoga review singkat ini berguna dan bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: