25 Oktober 2009

Edit Aplikasi IRC untuk Handphone

Saat ini IRC sudah cukup terkenal di kalangan remaja, kebanyakan dari remaja chatting lewat IRC saat ke warnet. chatting dari warnet sekarang udah bukan zamannya lagi, cuma ngabisin uang aja. hp-hp sekarang rata2 sudah support apps. java dan tentu saja sudah bisa di gunakan untuk chat dengan menggunakan aplikasi yang di khusukan untuk ponsel java tersebut.

Berhubung kita sekarang lagi ngomongin ngedit aplikasi IRC untuk hp, jadi sekaranglah saatnya. aplikasi yg paling sering di edit adalah jmirc-m , ya karena ngedit nya lebih mudah termasuk untuk menambah script. yang dibutuhkan saat mengedit adalah :

  • notepad atau notepad++, gunanya untuk mengedit script yang berakhiran .dat
  • 7zip atau winrar berguna untuk mengekstrak file .jar dan juga untuk re-pack.
  • software in class translator gunanya sama seperti notepad, tapi di khususkan untuk file yang berakhiran .class

Setelah semuanya terinstal di komputer kamu, yg kamu butuhkan sekarang adalah aplikasi yg akan kmu edit, contoh : jmirc-m atau yg lainnya.
  • Ekstrak terlebih dahulu file Jmirc-m, setelah di ekstrak kita akan mendapatkan beberapa macam folder, folder img, folder meta-inf, actions.dat chanel dat, jimirc.class, database.class dan lain2.
  • Untuk file pertama kali yg di edit di sarankan file dgn ekstensi .dat (klik kanan pada file-openwith-notepad-ok) dan edit.
  • Edit file MANIFEST, file ini ada di dalam folder META-INF. (klik kanan pada file-openwith-notepad-ok) dan edit. pada file ini tdk semua bagian bisa kita edit. maka dari itu berhati² dlm meng'editnya. saya sertakan contoh nya seperti di bawah ini.

Manifest-Version: 1.0 (jangan diganti)
MicroEdition-Configuration: CLDC-1.0 (jangan diganti)
MIDlet-Name: crotIRC (silahkan diganti)
Created-By: 1.4.2_09 (Sun Microsystems Inc.) (jangan diganti)
MIDlet-Info-URL: http://mekzwashere.blogspot.com (silahkan diganti)
MIDlet-Vendor: mekz (silahkan diganti)
MIDlet-1: crotIRC v 0.0, crut.png, jmIrc (silahkan diganti)
MIDlet-Version: 0.0 (jangan diganti)
MicroEdition-Profile: MIDP-2.0 (jangan diganti)

  • untuk icon applikasi saya sarankan memakai gambar berukuran 50x50 dengan ekstensi .PNG
  • Sekarang saat nya masuk kepada bagian inti nya, yaitu mengedit file² yang berekstensi .class dengan menggunakan software inClass Translator. (Download dibawah ini)


inclass translator
  • Buka inClass Translator kamu (klik open-browse-pilih file) ingat, meng'editnya pada baian kanan bawah. lihat screenshoot. jangan lupa kilik icon save setiap selesai meng'edit. saya sarankan mengedit nya secara berurutan. 
inclass translator

  • Setelah selesai semua file di edit. lalu tinggal kita satukan saja file nya menjadi ekstensi .jar.
  • caranya cukup simpel, pertama² buka aplikasi nya dengan winrar (klik dua kali di aplikasi jmirc-m yang masih bertype .jar tadi). block semua file² yang telah selesai kita edit tadi, lalu drag (seret) dan drop (letakkan) kedalam folder aplikasi yg sudah di buka tadi. jika folder Jmirc-m kita tadi masih berisi file file asli nya, akan ada keterangan "overwrite existing file" klik "yes".
  • Setelah jadi silahkan langsung coba aplikasi editan kamu. contohnya yaitu apps. editan saya di bawah ini, fiturnya sengaja saya buat tdk macem2, karena tujuan nya biar ringan di handphone. silahkan di unduh bila berminat mencoba.


mirror


Bagi temen2 yang males repot bisa langsung mencobanya dengan emulator untuk java. contohnya Sjboy. jadi kita gak perlu repot nge'tes itu aplikasi di Hp kita dulu. siapa tau itu aplikasi masih gak mau running, nah itulah gunanya kenapa sebaiknya mencobanya menggunakan emulator terlebih dahulu. Semoga bermanfaat. Wassalam. :)


sumber: di sadur dari berbagai sumber dan forum developer java.