10 Mei 2014

Download Gratis Ebook Perintah Dasar SQL

Dalam ulasan kali ini saya akan kembali berbagi sebuah Ebook gratis kepada teman-teman pembaca blog ini. Ebook yang akan saya bagikan kali ini berjudul "Ebook Perintah Dasar SQL".

Menurut Wikipedia, SQL atau Structured Query Language adalah sekumpulan perintah khusus yang digunakan untuk mengakses data dalam database relasional. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa SQL juga merupakan bahasa standar yang digunakan untuk memanajemen basis data relasional. Oleh karena itu biasanya secara umum server basis data yang sudah ada saat ini biasanya sudah mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.




Secara umum, SQL terdiri dari dua bahasa, yaitu Data Definition Language (DDL) dan Data Manipulation Language (DML). Implementasi dari DDL dan DML ini berbeda untuk tiap sistem manajemen basis data, namun secara umum implementasi tiap bahasa ini memiliki bentuk standar yang sudah ditetapkan oleh ANSI (American National Standards Institute).

Data Definition Language

DDL atau Data Definition Language digunakan untuk mendefinisikan, mengubah, serta menghapus basis data dan objek-objek yang diperlukan dalam basis data tersebut, misalnya tabel, view, user, dan sebagainya. Secara umum, DDL yang digunakan adalah:
  • CREATE : untuk membuat objek baru
  • USE : untuk menggunakan objek
  • ALTER : untuk mengubah objek yang sudah ada
  • DROP : untuk menghapus objek


Data Manipulation Language

DML atau Data Manipulation Language digunakan untuk memanipulasi data yang ada dalam suatu tabel database. Perintah DML yang umum digunakan adalah:
  • SELECT : untuk menampilkan data
  • INSERT : untuk menambahkan data baru
  • UPDATE : untuk mengubah data yang sudah ada
  • DELETE : untuk menghapus data

Untuk perintah-perintah lain dari SQL yang secara spesifik bisa kamu temukan dalam Ebook yang akan saya share berikut ini. Silahkan kamu unduh secara gratis melalui tombol download yang sudah saya sediakan di bawah ini.





Melalui Ebook di atas kalian bisa menemukan contoh-contoh penggunaan perintah SQL lain seperti WHERE, ORDER BY, LIKE, IN, BETWEEN, UPDATE, INNER JOIN, LEFT JOIN dan lain-lain. Kesemua perintah tersebut kurang lebih berjumlah 49 Jenis Perintah Dasar SQL yang umumnya wajib dan harus kamu ketahui agar dapat memanajemen basis data relasional.

Sekian untuk ulasan singkat saya, semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kawan-kawan pembaca blog ini. Mohon maaf sebelumnya apabila ada kekurangan dalam penulisan artikel ini, kritik dan saran bisa teman-teman tulis melalui kotak komentar yang ada di bawah berikut. Terima kasih. :)

→ Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukan ke folder SPAM
→ Gunakan kode ini utk Emoticon (tanpa ♦)
:) ♦ :( ♦ ;) ♦ :p ♦ =( ♦ ^_^ ♦ :D ♦ =D ♦ |o| ♦ @@ ♦ :-bd ♦ :-d ♦ :ngakak: ♦ :lol: ♦ :love: